Social Icons

Pages

Selasa, 17 November 2009

Wisata Terapi dan Berendam Cari Jodoh

Sari Ater

Sambil menyelam minum air. Itulah mungkin pepatah yang tepat untuk menggambarkan tempat wisata Sari Ater. Selain Anda sekeluarga senang, bagi yang menderita penyakit bisa berendam di air panas sebagai terapi. Bagi yang masih lajang dan ingin cepat-cepat menikah, di kawasan wisata ini juga tersedia tempat yang dipercaya untuk memudahkan mendapat jodoh.

Perkebunan teh menghampar luas dengan daunnya hijau melambai-lambai ditiup angin semakin membuat suasana semakin indah. Sejuknya udara berhembus seakan menyambut kedatangan para wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Sari Ater Hot Spring Resort atau yang biasa dikenal Pemandian Air Panas Ciater. Kondisi jalan yang mengular, menanjak dan menurun, membuat para pelancong seakan menyatu dengan alam. Dari kejauhan terlihat kabut tebal bergulung-gulung yang menambah panorama alam pegunungan nan eksotis.

Terletak di lereng Gunung Tangkuban Perahu pada ketinggian 1.100 meter diatas permukaan laut (dpl). Kawasan ini seluas 23 hektare yang dibagi menjadi arena rekreasi dan hotel bagi pengunjung yang ingin menginap atau menikmati udara malam sambil berendam air panas. Pemandian air panas Sari Ater terletak di Desa Ciater kabupaten Subang, Jawa Barat. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, lajukan arah kendaraan Anda menuju Subang. Membutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan Anda sudah sampai ditempat tujuan. Sedangkan dari pusat kota Bandung, yang menjadi gerbang Jawa Barat lokasi ini berjarak sekitar + 32 kilo meter ke arah utara dengan waktu jarak tempuh sekitar 30 menit.

Sejak dibuka untuk umum 8 Maret 1974, kawasan Sari Ater mulai rame di kunjungi para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka yang datang ke Sari Ater ini, dengan beragam tujuan masing-masing. Ada yang sekedar rekreasi bersama keluarga untuk menghilangkan kejenuhan, sengaja terapi untuk menghilangkan penyakit dan yang paling banyak mencari jodoh.

Dengan membayar tiket masuk Rp. 16 ribu, para pengunjung bisa mandi/berendam di tujuh pancuran air panas. Sejumlah kolam renang air panas dengan suhu antara 40 hingga 42 derajat celcius di kawasan ini disiapkan untuk memuaskan para pengunjung dengan luas yang berbeda-beda. Kolam rendam Mayangsari terletak di arena pintu masuk yang mempunyai ukuran 30 X 7 meter. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak paling cocok bermain di kolam Pulosari, karena di kolam ini dilengkapi dengan Slider. Selain kolam Mayangsari dan Pulosari, ada juga kolam Wangsadipa. Kalau mau ke kolam Wangsadipa pengunjung berjalan agak ke bawah. Kolam Wangsadipa mempunyai ukuran 7 X 5 meter. Kalau tidak suka dengan ketiga kolam tadi, ada kolam yang dibuat berundak-undak. Namanya kolam Leuwisari. Kolam Leuwisari mempunyai luas sama dengan kolam Wangsadipa.

Semua kolam air panas tersebut mengandung sulfur, magnesium, zinc, seng, dan kandungan lainnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Beberapa di antaranya; kelumpuhan, reumatik, penyakit tulang, gangguan pada kehamilan, gangguan saraf, penyakit kulit, serta dapat menyehatkan badan. “Satu hal yang memegang peranan penting ialah, menggunakan air dengan temperatur yang sesuai dapat berefek mengurangi rasa nyeri, menenangkan, dan menghilangkan kekejangan otot. Jadi, air panas alami ini sangat bermanfaat bagi para pengunjung," ungkap Faisal Nafai, Sales & Marketing Manager PT Sari Ater Hot Spring Resort, kepada sebuah tabloloid nasional.

Bagi pengunjung yang tidak ingin beramai-ramai berendam di kolam, pengunjung bisa memilih kolam rendam yang lebih spesial. Untuk masuk ke kolam rendam ini ada tambahan biaya dengan harga yang bervariatif antara 10 ribu hingga 30 ribu rupiah. Pengunjung bisa memilih sesuai selera masing-masing. Bagi pengunjung yang menginap di hotel, dapat menikmati fasilitas yang ada dengan sepuasnya tanpa dikenakan biaya tambahan.

Untuk memanjakan pengunjungnya, Sari Ater berupaya untuk memuaskan pengunjungnya. Yang tadinya hanya dikenal sebagai pemandian air panas, sejak tahun 1980-an mulai banyak perkembangan. Berbagai arena permainan telah disediakan sekarang seperti outbond, off road, flying fox, kolam pancing si Kabayan, arena tembak target, futsal, buggy twin seater, mini golf, go cart, kolam bermain perahu dayung, kolam bermain sepeda air, danau/situ buatan, area perkemahan remaja, wahana bermain elektronik anak balita, dan panahan. Khusus untuk permainan panahan menyediakan dua paket, yaitu Arjuna dan Robin Hood. Untuk mengikuti permainan yang dapat meningkatkan konsentrasi itu, pengunjung membayar 10 ribu atau 17. 500 rupiah sesuai paket yang dipilih. Biaya itu sudah termasuk anak panah, busur, instruktur dan sertifikat.

Diantara tempat yang ada di Sari Ater, ada tempat yang paling ramai dikunjungi adalah air terjun buatan, Curug Jodoh. Banyak yang menyakini air terjun itu dapat mendatangkan jodoh. "Lokasi ini merupakan yang paling banyak dikunjungi para wisatawan. Mereka berharap setelah mandi di tempat itu bisa mendapatkan jodoh," ujar Faisal.

TIKNO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar